September 14, 2018

Jenis – Jenis Berita Jurnalistik

Jurnalistik Praktis | September 14, 2018
Jenis – Jenis Berita Jurnalistik
BERITA (News) adalah produk utama jurnalistik sebagaimana tergambar dalam pengertian jurnalistik dan sejarah jurnalistik.

Berita dalam jurnalistik banyak jenisnya, mulai dari berita langsung (straight news) hingga berita investigatif.

Berita yang kita baca, dengar, atau lihat di koran, situs berita, televisi, dan radio terdiri dari beragam jenis atau kategori berita dalam dunia jurnalistik, meski intinya sama, yakni informasi aktual tentang peristiwa, situasi, atau perkembangan sesuatu.

Berita dapat disajikan dalam bentuk tulisan (teks), gambar (foto, ilustrasi), suara, ataupun video dan suara.

Berita yang disajikan dalam media cetak (seperti koran dan majalah) dan media siber (internet) biasanya berbentuk tulisan dan foto (gambar).

Berita yang kita dengar di radio berupa suara (audio). Berita yang muncul di televisi biasanya berbentuk video dan audio, kadang disertai grafis.

Jenis-Jenis Berita Jurnalistik

Berikut ini jenis-jenus berita yang dikenal di dunia jurnalistik.

1. Straight News 

Straight News atau berita langsung adalah berita yang ditulis secara ringkas, lugas, apa adanya, dan biasanya berisi informasi tentang peristiwa yang baru saja terjadi atau sedang hangat dibicarakan.

Berita jenis ini sering ditempatkan di halaman depan surat kabar, menjadi berita utama di radio dan televisi, atau menjadi headline dan breaking news di media online.

Contoh berita straight news misalnya tentang gempa, peristiwa politik, aksi demonstrasi, dan kriminalitas.

Jenis berita Straight News dibagi lagi menjadi Hard News, Soft News, dan Opinion News.

2. Hard News

Hard news merupakan bagian dari jenis berita Straight News. Hard news merupakan berita paling update, berkualitas, serta memiliki nilai. Biasanya hard news berisi berita yang bersifat khusus atau mengenai peristiwa yang tidak disangka akan terjadi (tiba – tiba).

Contoh berita hard news misalnya berita tentang meledaknya bom atau terorisme, kebakaran, atau peristiwa politik.

3. Soft News

Soft news juga merupakan bagian dari Straight News. Bedanya dengan hard news adalah soft news menyajikan berita yang sifatnya ringan dan nilai beritanya berada dibawah nilai berita hard news.

Soft news biasanya berupa berita pendukung dari berita utama, atau berita-berita yang tidak bersifat serius dan menegangkan. Berita soft news misalnya berita tentang keramaian di tempat-tempat wisata pada masa liburan atau kelahiran bayi harimau di kebun binatang.

4. Opinion News

Opinion News (berita opini) merupakan berita yang berisi opini atau pendapat tentang suatu peristiwa atau masalah aktual.

Berita Opini biasanya bersumber dari pendapat pengamat atau ahli mengenai isu, masalah, atau peristiwa, serta pernyataan pejabat negara.

Selain pengamat, sumbet opini juga dapat diambil dari pendapat yang diutarakan masyarakat umum. Berita yang berisi pandangan masyarakat awam bisa disebut Vox Populi.

Contoh berita opini misalnya berita berisi komentar pengamat mengenai dampak sebuah kebijakan pemerintah, prediksi pemilu, atau pernyataan presiden dan menteri tentang suatu masalah aktual.

5. Interpretative News

Interpretative News (berita interpretatif) adalah berita yang dikembangkan dari Straight News. Dalam Interpretative News, berita langsung dilengkapi dengan tambahan informasi tambahan, seperti pendapat atau hasil penelitian.

Informasi tambahan tersebut bisa berupa data-data yang terkait, latar belakang peristiwa, atau hasil wawancara dengan pengamat, atau ahli.

Namun pengembangan berita jenis ini lebih menekankan kepada fakta daripada opini. Contoh berita jenis ini misalnya dampak aksi teror.

6. Depth News

Depth news atau berita mendalam menyajikan berita yang berisi ulasan mendalam mengenai suatu peristiwa.

Biasanya berita jenis ini akan lebih menonjolkan informasi mengenai "bagaimana" (how) dan "mengapa" (why) peristiwa ini terjadi --mengapa terjadi, apa penyebabnya, bagaimana prosesnya, bagaimana dampaknya, apa yang harus dilakukan (what next).

Tidak seperti straight news yang ringkas, berita mendalam sering lebih panjang sebab mengungkapkan informasi secara tuntas.

Depth News biasanya disajikan dalam liputan khusus. Contoh berita depth news misalnya tentang hilangnya seorang anak yang ternyata disembunyikan oleh ibu angkatnya sendiri.

7. Investigation News

Investigation News atau Berita Investigasi merupakan berita yang ditulis berdasarkan hasil penyelidikan yang secara khusus dilakukan wartawan pada suatu peristiwa.

Biasanya, berita investigasi berisi ulasan dengan tujuan membongkar tindakan penyelewengan yang merugikan kepentingan publik, membongkar suatu jaringan kriminal, atau mengungkap sebuah kasus yang penuh misteri.

Investigation news berupaya untuk mengungkapkan hal-hal tersembunyi di balik suatu kejadian, sehingga seringkali dalam melakukan penelusuran informasi dan penylidikan untuk berita ini, jurnalis harus bertindak seperti intel dan bisa jadi mempertaruhkan nyawanya.

Contoh berita investigation news misalnya berita mengenai pembakaran hutan yang ternyata di dalangi perusahaan – perusahaan besar atau kasus korupsi para anggota dewan yang ternyata direstui kepala daerah yang juga sama-sama korup.

8. Comprehensive News

Comprehensive news merupakan berita yang berisi laporan mengenai fakta dari suatu peristiwa yang ditinjau secara menyeluruh.

Tidak seperti berita langsung yang biasanya merupakan serpihan fakta perhari dan tidak memperhatikan keterkaitan berita tersebut dengan berita lain; berita komprehensif meninjau fakta dari berbagai aspek atau sudut pandang.

Berita komprehensif berusaha menggabungkan berbagai serpihan fakta tersebut menjadi suatu bangunan cerita peristiwa dengan benang merah yang terlihat jelas.

Jenis Berita Komprehensif bersifat utuh dan menyeluruh. Contoh berita komprehensif misalnya berita mengenai terorisme di Indonesia, penyebarannya, tujuannya, dan segala aspek yang menyangkut di dalamnya.

Jenis – Jenis Berita Jurnalistik

Jenis – Jenis Berita Jurnalistik

Apa pun jenis berita yang ditulis wartawan tetap mengandung unsur 5W + 1H:

  1. What (apa), 
  2. Who (siapa), 
  3. Why (mengapa), 
  4. When (kapan), 
  5. Where (dimana), 
  6. How (bagaimana) 

Demikian ulasan tentang jenis-jenis berita jurnalistik, mula jenis berita straight news, hard news, soft news, opinion news, interpretative news, depth news, investigation news, hingga jenis berita comperehensive news.*

Previous
« Prev Post

No comments on Jenis – Jenis Berita Jurnalistik

Post a Comment

Komentar spam yang menyertakan link aktif tidak akan muncul