Home » » Pengertian Jurnalisme dan Jurnalistik

Pengertian Jurnalisme dan Jurnalistik

Secara harfiah pengertian jurnalisme (berasal dari kata journal) yaitu catatan harian atau catatan mengenai kejadian sehari-hari. Journal berasal dari istilah bahasa Latin, diurnalis, yaitu orang yang melakukan pekerjaan jurnalistik.
Di Indonesia, istilah "jurnalistik" dulu dikenal dengan "publisistik". Dua istilah ini tadinya biasa dipertukarkan, hanya berbeda asalnya. Beberapa kampus di Indonesia sempat menggunakannya karena berkiblat kepada Eropa.

Istilah jurnalistik muncul dari Amerika Serikat dan menggantikan publisistik dengan jurnalistik. Publisistik juga digunakan untuk membahas ilmu komunikasi. (Wikipedia).

Pengertian Jurnalisme dan Jurnalistik 
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)jurnalisme yaitu "pekerjaan mengumpulkan, menulis, mengedit, dan menerbitkan berita dl surat kabar dsb; kewartawanan" dan jurnalistik artinya "yang menyangkut kewartawanan dan persuratkabaran".
Dari segi kata, jurnalisme berasal dari kata "jurnal" dan "isme". Jurnal artinya laporan. Isme artinya paham atau ajaran. Jurnalistik berasal dari kata jurnal dan istik. "Istik" ini artinya "hal ihwal" atau "yang berkaitan dengan...". 
Jadi, arti asli "jurnalisme" adalah "paham jurnal" dan "jurnalistik" adalah "hal-ihwal tentang jurnal".

Kata jurnalistik berasal dari bahasa Belanda: journalistiek. Maknanya, sama dengan pengertian di atas, yaitu penulisan  dan penyampaian berita kepada khalayak melalui saluran media tertentu. 

Jurnalistik mencakup kegiatan dari peliputan sampai kepada penyebarannya kepada masyarakat. 

Sebelumnya, jurnalistik dalam pengertian sempit disebut juga dengan publikasi secara cetak. Kini jenis-jenis jurnalistik meluas menjadi jurnalistik cetak (print jornalism), jurnalistik elektronik (electronic journalism), yakni jurnalistik  radio dan televisi, serta jurnalistik onile (online journalism) atau cyber journalism.*


Jurnalistik Praktis



0 comments:

Post a Comment